KAPANKAH KITA HARUS SERVICE CVT MATIC MOTOR KITA ??

KAPANKAH KITA HARUS SERVICE CVT MATIC MOTOR KITA ?? 
 
Bertemu kembali dengan saya HERY guys,

Kali ini saya akan memberikan informasi kapan CVT Matic itu harus di service dan mengetahui gejala penyakit yang sering terjadi motor Matic guys,,
Kalau teman-teman belum tahu,langsung aja ya hehe cekidottt

Rekomendasi dari Honda maupun Yamaha kurang lebih 20.000km guys, namun kalau gak terjadi kerusakan atau keluhan juga gak perlu di service. Karena komponen CVT tertutup oleh blok CVT maka kita harus membongkarnya supaya kita tahu komponen apa saja yang rusak dan apa saja yang perlu diganti,kalau kita tidak membongkarnya kita Cuma bisa menganalisa secara pengalaman yang sering terjadi di Lapangan. 
 
Setelah kita bongkar semua dibersihin semua part komponen dengan menggunakan bensin kemudian kita semprot dengan air gun supaya kering. Kemudian dipasang lagi dengan urutan yang benar jangan lupa dikasih grice khusus CVT ya guys jangan sampai menggunakan dengan jenis grise biasa soalnya beda tingkat kepanasannya.

Contoh komponen pada CVT yang sering diganti :
  1. V-BELT
Part ini fungsinya sebagai tenaga penerus dari Primer pully (mesin) ke Secondary pully (roda) ini tandanya harus diganti kalau v-belt kita balik sudah terjadi retak-retak. Ini kalau tidak diganti maka akan terjadi bunyi tek-tek ketika kita lagi jalan soalnya v-belt sudah kendor.
  1. ROLLER
Part ini cara kerjanya ketika motor sudah 2000rpm naik dari rumah roller mendorong primer pully sehingga secondary pully ketarik dan motorpun jalan. Tanda terjadi kerusakan yaitu terjadi peang(buletnya tidak rata) kalau dipaksa jalan tidak diganti maka motor getar ketika di rpm rendah atau kita mengendarai motor secara pelan.
  1. KAMPAS GANDA
Part ini cara kerjanya ketika 2000rpm kampas ganda mengembang dan menempel pada lonceng Secondary pully dan meneruskan ke roda makanya motor bisa berjalan. Tanda kampas ganda sudah tipis ini yaitu kalau kita dah narik gas tapi tarikan motor berasa lemoot. 
 
Nah itu guys jenis part yang sering dilakukan penggantian,.


Semoga bermanfaat
Terimakasih

Comments