KAPANKAH KITA HARUS
SERVICE CVT MATIC MOTOR KITA ??
Bertemu kembali dengan
saya HERY guys,
Kali ini saya akan
memberikan informasi kapan CVT Matic itu harus di service dan
mengetahui gejala penyakit yang sering terjadi motor Matic guys,,
Kalau teman-teman belum
tahu,langsung aja ya hehe cekidottt
Rekomendasi dari Honda
maupun Yamaha kurang lebih 20.000km guys, namun kalau gak terjadi
kerusakan atau keluhan juga gak perlu di service. Karena komponen CVT
tertutup oleh blok CVT maka kita harus membongkarnya supaya kita tahu
komponen apa saja yang rusak dan apa saja yang perlu diganti,kalau
kita tidak membongkarnya kita Cuma bisa menganalisa secara pengalaman
yang sering terjadi di Lapangan.
Setelah kita bongkar semua
dibersihin semua part komponen dengan menggunakan bensin kemudian
kita semprot dengan air gun supaya kering. Kemudian dipasang lagi
dengan urutan yang benar jangan lupa dikasih grice khusus CVT ya guys
jangan sampai menggunakan dengan jenis grise biasa soalnya beda
tingkat kepanasannya.
- V-BELT
Part
ini fungsinya sebagai tenaga penerus dari Primer pully (mesin) ke
Secondary pully (roda) ini tandanya harus diganti kalau v-belt kita
balik sudah terjadi retak-retak. Ini kalau tidak diganti maka akan
terjadi bunyi tek-tek ketika kita lagi jalan soalnya v-belt sudah
kendor.
- ROLLER
Part
ini cara kerjanya ketika motor sudah 2000rpm naik dari rumah roller
mendorong primer pully sehingga secondary pully ketarik dan motorpun
jalan. Tanda terjadi kerusakan yaitu terjadi peang(buletnya tidak
rata) kalau dipaksa jalan tidak diganti maka motor getar ketika di
rpm rendah atau kita mengendarai motor secara pelan.
- KAMPAS GANDA
Part
ini cara kerjanya ketika 2000rpm kampas ganda mengembang dan menempel
pada lonceng Secondary pully dan meneruskan ke roda makanya motor
bisa berjalan. Tanda kampas ganda sudah tipis ini yaitu kalau kita
dah narik gas tapi tarikan motor berasa lemoot.
Nah itu guys jenis part
yang sering dilakukan penggantian,.
Semoga bermanfaat
Terimakasih
Comments
Post a Comment