FUNGSI KIPROK & SPULL

Assalamualaikum 
Apa kabar sahabat Otomotif dimanapun kalian berada ? 
Semoga dalam keadaan sehat walfiat dan selalu dalam perlindungan Allah SWT. Amin ๐Ÿ™

Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips & apa itu fungsi dari Kiprok & Spull pada sepeda motor. 
Nah langsung saja ya, mari kita simak ๐Ÿ˜€ 



KIPROK
Orang banyak menyebutnya dengan Istilah Regulator Rectifier. Kalau
diartiin Regulator itu pengatur, dan
Rectifier itu penyearah dan juga
Kiprok ini fungsinya sebagai Penyetabil arus. 

Sebelumnya Spull itu menghasilkan
listrik AC (arus bolak balik) tegangan yang dihasilkan naik turun, tergantung dari putaran mesin. Nah makanya si kiprok hadir untuk meratakan, mengatur, dan menyearahkan arus yang tadi dihasilkan oleh Spull.

Dari Listrik AC yang dihasilkan dirubah jadi DC (arus searah). Si kiprok ini akan menjaga tegangan pada batas tertentu biasanya diantara 12-14 Volt. kalau kurang atau lebih dari itu bisa dipastikan kiprok sudah rusak.

Nah pasti Sabahat bertanya-tanya Kenapa harus ada Kiprok? 
Karena kalau tidak ada, Spull itu bisa saja menghasilkan sampai 50 Volt! 
Disini kalau tidak ada yang batasin
, ya gosong semua itu kelistrikan di motor~

Maka dari itu Spull dan Kiprok ini hadir
untuk saling melengkapi satu sama lain
agar kelistrikan motor dpat bekerja dengan sempurna.



SPULL
Atau banyak orang menyebutnya dengan  "Stator" . 
Spull ini terbuat dari Gulungan kawat Kuningan yang nantinya akan ditutup
dengan rotor magnet.

Fungsi dari Spull ini adalah untuk menghasilkan listrik. Konsep kerjanya si magnet berputar dengan putaran mesin, di mana dengan putaran itu akan menghasilkan listrik yang nantinya akan
diteruskan ke Kiprok dulu. Bagi motor yang pengapiannya masih AC, 
gulungan ini dibagi menjadi 2

ada yang untuk pengapian, & juga ada yang untuk lampu.

Makanya kalau kita melihat motor yang lampu pas idle redup kedip kedip tapi pas digas jadi terang, nah itu ciri ciri motor dengan pengapian tipe AC

Kalau listrik yang dihasilkan kurang cukup, bisa juga dimodifkasi. Dengan cara merubah spullnya, merubah jumah lilitan kawatnya menjadi lebih banyak.

Untuk Posisi Spull biasanya ada di blok mesin sebelah kiri, atau untuk matic ada dibelakang kipas atau di belakang radiatornya.

Semoga bermanfaat
Terimakasih ๐Ÿ™

Comments