Kapan Mobil Kita Perlu di Spooring & Balancing ??

Assalamualaikum 
Apa kabar sahabat Otomotif dimanapun kalian berada semoga dalam keadaan sehat walfiat dan selalu dalam perlindungan Allah SWT. Amin ๐Ÿ™

Nah pada kesempatan kali ini saya akan sedikit sharing mengenai Spooring & Balancing pada mobil.. 

Menurut sahabat Otomotif semua, kapan sih Mobil kita perlu di Spooring & Balancing ?? 

Nah langsung saja ke pokok pembahasan ya ๐Ÿ˜€
Spooring dan balancing merupakan
salah satu bagian dari servis rutin pada Mobil yang bertujuan supaya tingkat keausan ban merata dan dengan tujuan lain agar laju mobil selalu tetap lurus karena jika posisi ban tidak lurus sedikit saja,contoh beda satu derajat saja, maka umur ban pun akan dapat berkurang lebih cepat. 

Spooring adalah suatu proses pada mobil untuk meluruskan kembali kedudukan empat roda mobil seperti keadaan semula lagi.
Biasanya 2 roda
depanlah yang akan diluruskan & diatur kembali seperti keadaan semula lagi, sesuai dengan settingan pabrik.
Sedangkan Balancing adalah penyesuaian atau upaya menjaga keseimbang pada titik atas bawah atau kiri kanan roda dengan cara menambahkan timah pada bagian yang kurang.

Tanda-tanda mobil perlu melakukan spooring dan balancing yaitu sebagai berikut.

1. Setir Mobil berasa bergetar pada kecepatan tertentu, itu terjadi karena roda depan langsung berkaitan dengan mekanisme kemudi.

2. Mobil yang  kita kemudikan seakan berbelok sendiri padahal sedang melaju lurus ke depan,bisa kadang condong belok kekiri / kekanan. 

3.  Ketika mobil yang sedang kita  kendarai seperti berjalan miring, ini tandanya mobil kita sudah cukup parah dalam keseimbangannya.

4. Terlihat Permukaan ban sudah tidak rata atau aus sebelah 

5. Ban bagian depan tidak sejajar lurus dengan bagian belakang. Cara mengetahuinya, dengan melihatnya dari
belakang dengan mengambil jarak beberapa meter.

Proses Spooring dan Balancing  dianjurkan dilakukan secara berkala maksimal 20.000 km, tetapi jika jalan yang sering dilewati jalanan yang rusak maka sebaiknya lebih cepat, yaitu setiap 15.000 km.

Proses Spooring dan Balancing ini kita lakukan dengan tujuan mobil Sahabat semua ketika mau dikendarai selalu dalam keadaan Stabil, Aman & Nyaman.

Semoga bermanfaat
Terimakasih ๐Ÿ™

Comments