Ini Akibat Tekanan Angin Pada Ban Motor yang berlebihan / kekurangan

Assalamualaikum 
Apa kabar sahabat Otomotif dimanapun kalian berada semoga dalam keadaan sehat walfiat dan selalu dalam perlindungan Allah SWT
Amin 🙏

Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit tips perihal angin pada ban motor yang berlebih atau justru kurang tekanan angin nya, 

Kira-kira apa sih penyebab nya ??? 
Ok langsung saja ya 
Pada motor baru pasti ada standar tekanan angin pada ban, biasanya tulisan ini berbentuk sticker pada arm motor, di dalam sticker ini selain tekanan pada angin juga hitungan jarak bebas pada setelan rantai pada motor jenis bebek & motor sport. 

Nah untuk tekanan standar depan 28 belakang 33 dengan ukuran satuan Psi,
Kenapa ban belakang bisa di bilang lebih banyak karena posisi pada motor bagian belakang yang sering mendapatkan beban dari pembonceng.. 

Kalau tekanan angin ban kurang biasaya akan berasa berat pada motor yang akan mengakibatkan boros BBM, handlingnya pun menjadi tidak nyaman, akselarasi kurang responsif,ban jadi mudah bocor.

Dan hal yang penting ini sahabat Otomotif, jikalau tekanan kurang pada ban ketika dipakai buat berkendara pada kecepatan tinggi dengan kondisi angin yang kurang terus kita menghantam lubang jalan yang besar ,hal ini akan mengakibatkan velg motor kita peyang kalau jenis velg racing ,dan kalau velg jari-jari akan putus jari-jarinya.

Dan begitupun sebaliknya jika tekanan angin pada ban kita berlebihan dari ukuran standar, kemudian kita pakai berkendara dan menabrak Lubang di jalan hal ini yang  rusak yaitu parts komster di sistem kemudi, yang akan mengalami kendor dan bisa terjadi Kerusakan jikalau lama-lama di pakai dan tidak segera kita lakukan pembetulan di komstir yang telah kendor.

Sekian sahabat Otomotif tips dari saya 
Semoga bermanfaat
Terimakasih 🙏


Comments