Muncul Kode MIL Di Motor Anda ?? Begini Cara membaca Kode Kerusakan nya

Assalamualaikum
Apa kabar sahabat Otomotif dimanapun kalian berada semoga dalam keadaan sehat walfiat dan selalu dalam perlindungan Allah SWT
Amin 

Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit sharing mengenai Kode Check Engine yang menyala pada Sepeda Motor 

Nah yg menyala pada Lampu di dashboard (berlambangkan engine /mesin) itu adalah MIL (Malfunction Indicator Lamp) kita temukan pada motor Honda PGM-FI yang memiliki sistem sudah di canggih. 

Pada kondisi Normal, 
maka MIL akan menyala saat motor dinyalakan kontak ON dan akan mati beberapa detik kemudian. Setelah itu baru motor baru kita hidupkan,
Nah setelah motor hidup namun kode MIL Tetap menyala ini artinya ada kerusakan / error pada sensor injeksi motor dan artinya harus segera di benerin. 

 Apabila ada sistem yang error maka akan langsung terdeteksi secara otomatis dengan ditandai 
dengan MIL yang menyala atau berkedip terus-menerus.
Perlu Sahabat Otomotif  ketahui nih , 
masalah yang sering dihadapi pada injeksi motor Honda sebenarnya tidak terlalu banyak. Dari berkedip MIL itu juga dapat dilihat kerusakan motor injeksi Honda.
Contoh ketika kita pakai dalam berkendara Biasanya, gangguan sistem injeksi yang berhenti tidak bekerja, atau motor tidak stabil dalam rotasi stasioner.
Nah, yang harus diwaspadai juga yaitu jika ada kerusakan pada Posisi Crankshaft (CKP).

Kerusakan terakhir ini dapat menyebabkan motor macet dan sulit untuk memulai. 
Jadi, jangan para sahabat Otomotif jangan abaikan kedipan indikator pada MIL agar kerusakan sistem injeksi 
motor cepat teratasi. 

Nah ini Cara membaca kode MIL : 
Kedipan Panjang panjang ( menyala selama 1,3 detik ) dibaca 10x menyala  dan kedipan Pendek ( menyala selama 0,3 detik ) dibaca 1x menyala 
Nah contoh ,  sensor speed dengan kode 12 maka cara membaca nya 1 kedipan panjang dan 2 kedipan Pendek..

Jumlah Kedipan & Kode Gangguan : 

1 Kedipan Manifold Absolute Pressure (MAP)

7 Kedipan Engine Oil Temperature (EOT)
Engine Coolant Temperature (ECT)

8 Kedipan Throttle Position (TP)

9 Kedipan Intake Air Temperature (IAT)

12 Kedipan Injector

21 Kedipan 2 Sensor

29 Kedipan Idle Air Control Valve (IACV)

33 Kedipan Engine Control Module (ECM)

52 Kedipan Crank Position Sensor (CKP)

54 Kedipan Bank Angle Sensor

Reset ECU dengan menggunakan Alat Scanner bertujuan untuk mengembalikan Setingan ECU seperti keadaan semula pada setingan Pabrikan sepeda Motor, dan dengan tujuan yg lebih penting untuk mencegah Kerusakan Motor Injeksi. 

Nah Dalam penggunaan motor sehari-hari bukan tidak mungkin Setingan ECU  akan bisa bergeseran dalam menghitung komposisi bensin dan udara ke mesin.

Ini disebabkan oleh tumpukan debu di dalam Trotel body, keadaan banyak debu di Trotel body disebabkan dari kotoran debu di filter udara yang berhasil masuk ke Trotel body karena filter udara pada motor sudah dalam kondisi jelek , & kondisi busi yang sudah lama tidak di ganti.. 

Cara membersihkan kotoran debu yg tebal banget di dalam Trotel body yaitu dengan membongkar Trotel body secara manual kita bersihkan dengan sikat pasta gigi yg halus dan dengan disemprot cairan carbu cleaner supaya bersih nya maksimal.

Kalau debu sudah tebal dan tidak kita bersihkan maka akan mengganjal dan menggangu pergerakan kupu-kupu didalam Trotel body,
ini semua akan mengakibatkan Pasokan udara dan jumlah pembakaran yang berubah dari setingan Pabrik tentunya akan  menyulitkan ECU untuk mengatur secara otomatis
menghitung komposisi yang tepat dan akurat. Sehingga motor ketika hidup akan susah IDLING, 

Setelah kita setting, maka kita akan menghasilkan performa mesin Motor kita akan kembali lagi sesuai Pabrikan, 
Dan kalau Motor Kita pakai dalam berkendara menjadi lebih nyaman dan aman dari sebelumnya.

Semoga bermanfaat
Terimakasih 🙏

Comments